Pesan Tiket Kereta Api untuk Lebaran Lebih Mudah dengan Cara Cerdas Berikut

Pesan Tiket Kereta Api Lebaran BUKALAPAK

Kereta api termasuk kendaraan atau sarana transportasi darat yang sangat diminati oleh masyarakat untuk menunjang perjalanan mereka, baik itu untuk jarak dekat maupun jauh, karena kenyamanannya lebih terjamin dibandingkan dengan bus, selain itu tarif yang diberlakukan juga tergolong murah. Cocok untuk semua kalangan, hanya saja terkadang untuk beberapa moment tertentu seperti libur panjang atau lebaran, pesan tiket kereta api menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan, karena selaku kehabisan.

Pihak PT. KAI sendiri memang hanya menyediakan jumlah gerbong yang terbatas, berbeda dengan bus atau sarana transportasi darat yang lainnya seperti bus atau angkutan umum. Bahkan banyak juga diantara masyarakat yang tawarkan travel. Sehingga hanya konsumen yang cepat kan yang bisa menggunakan sarana transportasi tersebut. Belum lagi ketika mendeteksi liburan panjang terkadang biaya atau tarif yang diberlakukan juga jadi lebih mahal dibandingkan dengan hari-hari normal. Ada banyak hal yang setidaknya memang wajib untuk dilakukan ketika akan pesan tiket kereta api untuk waktu liburan, diantaranya adalah :

Pesan Tiket Kereta Api Lebaran BUKALAPAK

  1. Pesanlah jauh-jauh hari, misalnya saja untuk moment lebaran, maka pemesanan paling tidak harus dilakukan 3 bulan bahkan 4 bulan sebelumnya, karena biasanya pihak dari KAI sendiri sudah mulai membuka pemesanan tiket pada bulan-bulan ramadhan pada jangka waktu tersebut. Pemesanan jauh-jauh hari ini bisa membuat konsumen lebih leluasa dalam memilih jenis kereta bahkan juga kelas-kelasnya, karena banyak diantara masyarakat yang belum terpikir untuk memesan tiket pulang kampung. Tarif yang diberlakukan juga tidak naik terlalu tinggi.
  2. Segera lakukan pembayaran ketika sudah mendapatkan tiket yang diinginkan, karena konsumen lain yang menunggu untuk bisa dapatkan tiket ini juga sangat banyak. ketika tiket yang sudah didapatkan tak kunjung dibayar, maka secara otomatis akan diberikan kepada yang lainnya.
  3. Pemesanan bisa dilakukan pada jam-jam senggang, misalnya adalah di malam hari mulai pukul 00:00 hingga pukul 03:00, ini adalah waktu yang paling sepi dalam pemesanan, jaringan internet juga sangat lancar, sehingga bisa lebih mudah dalam membeli tiket online, tanpa harus takut error.
  4. Jangan hanya memesan dari website PT. KAI saja, Anda bisa mempertimbangkan situs jual beli yang lainnya, karena situs KAI pasti akan sangat ramai diserbu dengan masyarakat lain, sehingga terkadang error, alternatif paling mudah adalah memanfaatkan situs lain yang terpercaya.

Setelah tiket didapatkan, maka untuk kebutuhan keberangkatan harus dicetak secara langsung, Anda bisa mencetaknya ketika akan berangkat, datanglah paling tidak 1 jam sebelumnya ke stasiun untuk melakukan pencetakan ini, pencetakan bisa dilakukan secara mandiri lewat mesin yang tersedia, berikut ini langkah-langkahnya, yaitu:

  1. Datanglah ke mesin pencetakan mandiri, mesin ini biasanya diletakkan di ruangan dalam stasiun, jumlahnya terkadang ada lebih dari satu, pilihlah yang menganggur atau jika banyak yang ingin mencetak, maka Anda harus antri.
  2. Pada form yang sudah ada maka Anda bisa memasukkan kode booking, setelah itu klik tombol cari.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa informasi booking kode, stasiun asal dan tujuan, cek apakah sudah besar atau belum, jika sudah selanjutnya tinggal dicetak saja, sangat mudah bukan.

Jadi bagaimana? Tak perlu antri terlalu lama bukan untuk pesan tiket kereta api, cukup dengan memanfaatkan fasilitas online yang ditawarkan oleh KAI tersebut. Pembelian online sangat disarankan bagi yang senang bepergian menggunakan kereta api, apalagi untuk musim-musim liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *