Mengenal Kopi Hijau Yang Memiliki Keunikan Dan Manfaat Yang Terkandung Di Dalamnya

Kopi biasanya berwarna hitam dan memiliki biji dengan warna yang gelap dan cokelat, namun ada 1 kopi yang memiliki warna yang sedikit cerah dan berwarna hijau yaitu kopi hijau . Kopi hijau tidak selalu memiliki warna yang hijau, penamaan tersebut untuk memudahkan penyebutan untuk jenis kopi yang satu ini. Berbeda dengan kopi hitam biasa kopi hijau memiliki kadar asamĀ  klorogenat yang cukup banyak, ini tidak lepas dari proses pembuatan kopi itu sendiri. jika biasanya kopi hitam di proses dengan cara di sangrai hingga warna berubah menjadi gelap berbeda dengan kopi hijau, kopi hijau di proses dengan kematangan tertentu. Kopi hijau di proses tidak sampai tahap pemanggangan, sehingga kopi hijau memiliki warna dan tekstur seperti kopi setengah matang.

Kopi Hijau

Sejarahnya agak mirip dengan penemuan teh jika dahulu teh di temukan sengaja ada daun yang jatuh ke dalam minuman, kopi hijau di temukan akibat pada saat ini tidak ada proses pemanggangan danĀ  proses pengolahan kopi seperti sekarang. Namun siapa sangka proses yang seperti itu menciptakan kopi hijau yang memiliki beberapa manfaat untuk tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam kopi hijau memang hampir sama dengan kopi biasa yaitu kandungan kafein, namun ada sedikit perbedaan yang dapat membedakan kedua jenis kopi tersebut yaitu kandungan lainya. Hal yang paling mencolok adalah perbedaan kandungan asam klorogenat dari ke dua jenis kopi tersebut, dimana kopi hijau lebih banyak memiliki asam klorogenat di dalamnya. Ini di sebabkan oleh proses pengolahannya itu sendiri di mana kopi hitam di proses dengan pemanggangan sehingga dapat mengurangi asam klorogenat di dalamnya, sedangkan kopi hijau yang memiliki proses yang tidak sampai tahap pemanggangan memiliki kandungan asam klorogenat lebih banyak. Kandungan asam klorogenat yang banyak ini menjadikan kopi hijau memiliki banyak manfaat di dalam tubuh.

Manfaat yang di dapat ketika kamu mengonsumsi kopi hijau sangat beragam salah satunya adalah dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan dapat membantu tubuh untuk membakar lemak. Selain itu manfaat kopi hitam juga masih terkandung di dalam kopi hijau seperti membantu menguatkan ingatan, membantu mencegah penyakit kanker dan manfaat lainya.

Namun banyak orang yang keliru dalam mengonsumsi kopi hijau ini, seperti mengonsumsi teh hijau secara berlebihan dengan asumsi dapat dengan cepat menurunkan berat badan. Hal tersebut tentu saja salah dan dapat berisiko bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu jika kamu ingin mengonsumsi teh hijau alangkah baiknya di konsumsi dengan teratur dan sesuai kebutuhan, agar tidak tubuh tidak menerima efek samping dari mengonsumsi kopi hijau.

Uniknya kopi hijau ini ketika di seduh tidak memiliki warna hitam pekat atau air berwarna hijau pekat, namun lebih mirip seperti kamu menyeduh teh hijau dengan warna hijau samar-samar dan masih terlihat dasar gelas dengan jelas. Selain itu rasa dari kopi hijau ini tidak terlalu terasa kopinya seperti kopi yang biasa kita minum, hal ini sudah jelas karena dari proses mengolahnya saja sudah berbeda.

Kopi hijau memang akhir-akhir ini sedang ramai di cari orang untuk kebutuhan kesehatan, banyak olahan kopi hijau yang di buat menjadi suplemen dan herbal untuk minuman pendamping diet. Hal tersebut boleh-boleh saja asalkan dikonsumsi dengan teratur dan tidak berlebihan. Jika ingin lebih jelas lebih baik tanyakan ke ahli kesehatan, agar kamu dapat mengonsumsi kopi hijau sesuai yang di anjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *