9 Hal di Rumah yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kelahiran Bayi Anda

Renovasi Rumah Sejasa

Menunggu hari-hari malaikat kecil Anda terlahir di bumi tentu menjadi suatu hal yang mendebarkan. Kehadiran si kecil tidak hanya akan menambah jumlah anggota keluarga, namun ia juga akan membuat suasana di dalam rumah Anda semakin hangat dan semarak. Apalagi jika ini adalah anak pertama Anda. Wah, tentu penantian ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

Seluruh perasaan kemudian tercampur aduk. Perasaan bahagia, terharu, was-was, gembira, semuanya menjadi satu. Namun, sesaat setelah Anda mendengar tangisan pertama buah hati Anda, seluruh perasaan was-was sekejap sirna dan berganti dengan perasaan bahagia dan haru.

Namun, sebelum momen mengharukan itu tiba, ada baiknya Anda tidak hanya mempersiapkan mental, tapi juga tempat tinggal yang nantinya akan dihuni oleh Anda bersama dengan buah hati Anda. Beberapa persiapan kecil dinilai perlu dilakukan untuk memastikan rumah Anda sudah benar-benar siap menyambut kehadiran bayi Anda di rumah. Simak beberapa tips renovasi rumah berikut!

Renovasi Rumah Sejasa

  1. Tingkatkan aspek keamanan di seluruh penjuru rumah

Dalam beberapa bulan setelah kelahiran, bayi Anda akan mulai belajar duduk, merangkak, berdiri sebelum akhirnya dapat berjalan dengan normal. Tahap ini merupakan tahap yang perlu Anda perhatikan dengan hati-hati karena bayi dapat merangkak ke manapun dan memasukkan barang apapun yang mereka temui ke dalam mulut mereka.

Inilah yang mengharuskan Anda untuk meningkatkan keamanan di sekitar rumah Anda dengan semaksimal mungkin agar tidak ada hal buruk apapun yang dapat terjadi pada anak Anda apabila perhatian Anda pada anak Anda sempat teralihkan.

Beberapa orang akan berpikir untuk menunda mengerjakan hal ini sampai nanti ketika anak sudah dalam tahap merangkak dan berjalan, namun alangkah baiknya untuk mempersiapkan segalanya sedari dini sehingga nantinya Anda tidak perlu lagi berurusan dengan rumah yang berantakan karena ada pemasangan pagar di luar atau pagar pembatas untuk tangga selagi Anda sedang repot mengurus anak.

  1. Persiapkan kehadiran tamu yang akan datang berkunjung

Tidak hanya bersiap untuk menyambut kehadiran anak, Anda juga harus mempersiapkan rumah untuk didatangi begitu banyak sanak saudara yang berkunjung. Sudah merupakan tradisi untuk seluruh keluarga besar untuk berkunjung dan ikut berbahagia atas kelahiran seorang anggota keluarga. Belum lagi beberapa kolega dan teman lama yang biasanya juga tak mau kalah untuk memberikan ucapan selamat datang untuk anak Anda.

Rumah Anda akan menjadi tempat berkumpul banyak orang, dan beberapa mungkin akan menyempatkan untuk menginap, biasanya seperti orang tua dan mertua Anda. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan rumah sebelum kedatangan para tamu.

  1. Atur ulang kabinet di dapur

Keperluan bayi tentu berbeda dengan keperluan orang dewasa, termasuk peralatan makan, atau bahkan makanannya. Segera atur ulang penataan barang-barang di kabinet dapur Anda, dan sisakan tempat untuk barang-barang keperluan si kecil seperti biskuit bayi, susu formula, obat-obatan, dan sebagainya.

Anda juga sebaiknya mengatur ulang barang-barang di dalam kulkas sehingga lebih tertata dan lebih mudah untuk menyimpan keperluan lainnya anak Anda yang harus ditaruh di dalam kulkas.

  1. Buat kamar tidur tambahan apabila diperlukan

Jika Anda merasa Anda perlu menambah satu atau dua buah kamar tidur untuk kamar tidur pribadi anak Anda nantinya, maka persiapkanlah sedini mungkin. Hal ini tidak hanya akan memudahkan Anda ke depannya, namun kamar-kamar ini juga dapat dipergunakan sebagai kamar tamu ketika Anda kedatangan banyak tamu pengunjung yang ingin bermalam di rumah Anda.

  1. Ganti wallpaper atau cat dinding

Seperti yang Anda ketahui, kamar tidur anak-anak umumnya dicat atau dipasangi wallpaper berwarna cerah. Penggunaan cat warna cerah atau wallpaper-wallpaper unik sering dikatakan dapat membantu perkembangan otak anak-anak dan dapat menambah kreativitas mereka. Maka dari itu, pertimbangkan untuk mengganti warna cat dinding atau wallpaper kamar Anda. Selain itu, penggantian warna dinding dapat memberikan kesan segar dan baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *