4 Jenis Bisnis Kerajinan Tangan yang Punya Masa Depan Potensial

Menjalankan bisnis menjadi solusi untuk lepas dari status pengangguran setelah wisuda, dan bisa dirintis sejak masih kuliah. Apalagi dewasa ini memang sudah banyak mahasiswa terjun ke dunia bisnis mulai dari asal coba-coba mencari tambahan uang jajan. Ada pula yang serius menjalankannya demi membiayai kuliah serta membantu kehidupan orangtua di kampung halaman. Apapun tujuannya tentu bisnis yang kuat bisa langgeng sampai Anda wisuda, dan cobalah menekuni bisnis yang strategis supaya mudah dimulai dan dikelola.

Bisnis

Jenis Bisnis Kerajinan Tangan yang Potensial

Salah satunya adalah menekuni bisnis kerajinan tangan yang bisa dilakukan kapan saja dan peminatnya dijamin sangat banyak. Terlebih jika menghasilkan produk menarik dan fungsional, apabila tertarik intip beberapa ide bisnisnya di bawah ini:

  1. Kerajinan dari ban bekas,

Ban bekas tentu jumlahnya banyak seiring dengan bertambahnya pemilik kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Ban yang sudah aus tentu akan dibuang oleh pemiliknya, maka cobalah dibuat kerajinan tangan agar bernilai jual tinggi. Salah satunya dibuat menjadi pot bunga, kursi satu set dengan meja, dan lain sebagainya yang bisa dikreasikan sesuai ide di kepala Anda.

  1. Membuat kerajinan dari botol plastik,

Botol plastik termasuk ke dalam sampah anorganik yang tidak mudah dipecah oleh bakteri pengurai di alam. Menumpuknya botol plastik tentu menjadi dilema bagi pemerintah dan berimbas pada kenyamanan serta kesehatan masyarakat. Manfaatkan ide bisnis Anda dengan mengolah sampah plastik tersebut agar bisa menjadi barang bernilai jual dan fungsional. Salah satunya dibuat menjadi pajangan yang dibentuk menjadi miniatur kapal, dibuat vas bunga yang sudah dihias dengan cat air, dan lain-lain.

  1. Menjual kerajinan dari kayu bekas,

Hanya di tangan orang kreatif barang tak berguna dan dianggap sampah mampu diolah menjadi produk yang laku dijual mahal. Salah satunya adalah kayu bekas, baik berupa potongan kayu maupun dalam bentuk peti kayu yang seringkali dibuang begitu saja. Baiknya diolah kembali karena selain dijadikan sebagai wadah barang pribadi bisa disulap menjadi meja, rak buku, kursi duduk, kursi taman, ayunan, tempat pot bunga, dan sebagainya. Manfaatkan beberapa alat pertukangan dan mulailah menciptakan perabot dari kayu bekas.

  1. Berkreasi dengan sulaman,

Bagi Anda yang bisa membuat kerajinan tangan menyulam dengan gumpalan benang aneka warna dan sepasang jarum berukuran jumbo. Maka keahlian ini baiknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membuat aneka produk kerajinan. Buatlah tas dengan model kekinian dan diberi tambahan hiasan cantik dijamin laku keras saat dijual secara online maupun offline. Bahkan kini sudah banyak pebisnis yang menciptakan brand produk kerajinan tangan yang terkenal hingga mancanegara, mengapa tidak mencoba mengikuti jejak mereka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *